Slider

MADRASAH

KESISWAAN

INTRAKURIKULER

MORNING FUN / EKSTRAKURIKULER

POJOK LITERASI



Troso, MTSMHTROSO.com – Panitia Penyaluran Zakat Fitrah dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara Periode 2018-2019 salurkan sebanyak 612 bungkus beras kepada mustahik zakat pagi ini, Sabtu (1/6//2019). Pada tahun ini yang menjadi panitia penyaluran zakat adalah pengurus OSIS yang lama karena memang pengurus OSIS yang baru belum dilantik, tetapi mereka juga dilibatkan untuk ikut membantu jalannya pendistribusian zakat. Pengumpulan zakat fitrah ini sudah berjalan kurang lebih 1 minggu selama siswa melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) kemarin. Setiap hari setelah PAT selesai petugas dari OSIS masuk ke kelas-kelas untuk menerima zakat dari siswa.
Siswa dapat menyalurkan zakat fitrahnya dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg atau uang sejumlah Rp 28.000,-. Dari uang tersebut akan dibelikan beras oleh panitia kemudian disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya (mustahiq zakat).
Sebelum proses pendistribusian zakat fitrah, Pihak panitia mendata orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik zakat) dari lingkungan sekitar siswa, atau kepada ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat yang ada di beberapa desa. Setelah mendapatkan data tersebut maka pada saat hari pendistribusian masing-masing RT tersebut diberikan beras sejumlah yang ada di data. Meskipun memang sebagian besar disalurkan di Desa Troso tetapi beberapa desa di sekitar Desa Troso juga menjadi target sasaran penyaluran.
Acara pendistribusian zakat fitrah ini berlangsung mulai pagi hingga siang hari. Sebelum dimulai, Bapak Agus Siswanto, S.Ag. selaku waka kesiswaan memberikan briefing kepada panitia terlebih dahulu agar pendistribusian zakat ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Para siswa yang tergabung dalam panitia penyaluran zakat fitrah semuanya bergerak bersama-sama menyiapkan beras-beras dari pagi. Mulai dari mengambil beras dari agen-agen, kemudian dikemas dengan kantong plastik dengan logo madrasah. kemudian dengan menggunakan motor mereka bersama-sama bergerak mengangkat dan mengantarkan beras ke tempat penyaluran zakat fitrah.
Setelah pendistribusian zakat fitrah selesai akan dilanjutkan dengan buka bersama panitia zakat di sore hari sebagai penutup kegiatan ini. (Tri)

About mtsmhtroso

MTs Matholiul Huda Troso merupakan sekolah menengah pertama islam yang berorientasi islam dengan visi "Luhur dalam Budi Tinggi dalam Prestasi".
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top